Selasa, 22 November 2016

DAUR ULANG SAMPAH DI SMP N 2 SULANG



KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH
 Daur ulang sampah atau mengolah suatu bahan bekas   menjadi suatu bahan baru yang lebih berharga merupakan suatau setrategi untuk mengurangi polusi, mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan serta emisi gas rumah kaca. Daur ulang sendiri merupakan salah satu cara untuk mengelola sampah padat. Proses daur ulang ini sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain pemilahan, pengmpulan, pemrosesan, pendistribusian serta pembuatan material atau produk bekas pakai.
Terdapat komponen utama dalam manajemen sampah modern, yaitu 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Adapun jenis-jenis sampah yang bisa didaur ulang adalah sampah plastik, kaca, logam, kertas, tekstil serta barang-barang elektronik. Untuk sampah organik tidak dimasukkan dalam kategori ini karena sampah organic bisa didegradasi oleh alam secara alami. Jadi secara garis besar, daur ulang itu sendiri merupakan proses yang dimulai dari pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan dan pemrosesan material baru yang kemudian dilanjutkan dengan proses produksi.
SMP N 2 Sulang sebagai sekolah adiwiyata juga melakukan hal yang sama. Dibawah bimbingan Megawati Purba, S.Pd anak-anak dengan semangat mendaur ulang sampah plastik atau sampah dari jajanan mereka dirubah dengan berbagai barang yang memiliki nilai jual seperti tas, dompet, tempat alat tulis, dan sebagainya.
Sudah selayaknya kita peduli dengan kondisi alam dunia ini kususnya Indonesia. Tentu,  SMP N 2 Sulang sebagai sekolah adiwiyata selalu memberikan pemahaman serta pelatihan kepada peserta didik untuk memanfaatkan sampah baik itu sampah organik maupun sampah anorganik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar